Minggu, 10 Desember 2017

Begitu Sederhana! 12 Tips Weekend Sehat

Akhir pekan atau weekend memang menjadi waktu yang sangat tepat dalam memanfaatkannya untuk bisa bersantai atau bahkan berkumpul bersama dengan orang-orang tersayang.

Hari libur tersebut juga dihabiskan dengan berbagai macam cara, baik itu mulai dari menonton drama atau film yang ada di rumah, hingga pergi keluar untuk berwisata sembari dengan makan-makan.

Walau memang terasa begitu mengasyikkan atau terasa begitu menyenangkan, kegiatan di saat weekend ini tak jarang bisa membuat tubuh menjadi kurang prima, sehingga saat kembali melakukan aktivitas atau kegiatan di hari Senin, badan letih dan lesu.

Bagi kalian yang memang sedang menjaga kesehatan tubuh dengan ekstra, maka lakukan hal-hal berikut ini di saat weekend agar tubuh atau kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik dan optimal.

Tips Weekend Sehat

Weekend Sehat dengan Berolahraga

1. Rencanakan Akhir Pekan

Agar kesehatan tubuh bisa terjaga atau terkoordinir dengan maksimal, kamu perlu merencanakan akhir pekan. Hal ini bukan berarti kamu menjadwalkan suatu kafe atau restoran yang baru untuk bisa dicicipi setiap Sabtu atau Minggu.

Melainkan, dengan mengetahui tujuan di setiap akhir pekan yang selanjutnya menyesuaikan kegiatan di hari sebelumnya. Contohnya jika kami merencanakan wisata alam di hari Sabtu, hindari hangout bersama dengan teman kerja hingga larut malam di hari sebelumnya, yakni di hari Jumat.

Hal ini dilakukan agar nantinya tubuh bisa tetap sehat dan terhindar dari adanya rasa sakit akibat kelelahan. Sementara itu, di hari Minggu bisa digunakan sebagai waktu untuk beristirahat yang tepat.

2. Masak Sesuatu yang Baru

Gunakan juga hari Sabtu atau hari Minggu untuk mencoba suatu resep yang baru. Daripada hanya menonton televisi saja, kegiatan atau melakukan memasak ini juga bisa lebih bermanfaat untuk kamu.

Jika memang bisa, buatlah suatu hal yang sehat dan jika hasilnya tersebut enak, masak lagi di kemudian hari, bisa untuk hari Senin, Selasa atau hari yang lain untuk dijadikan sebagai bekal makan siang yang enak dan sehat.

3. Minum Air Lebih Banyak

Di saat sedang bekerja, tentu banyak pegawai yang menyediakan 1 botol di atas meja, sehingga mereka tak lupa untuk meminum air putih tersebut. Akan tetapi, saat berada di akhir pekan bersama dengan orang-orang tersayang, tak sedikit di antara mereka yang jauh lebih memilih minuman manis saat haus melanda, dibandingkan dengan meminum air putih.

Agar tubuh tetap fit dan sehat, tentunya tak kekurangan cairan, tetaplah minum banyak air putih dan sediakan botol di saat sedang bepergian.

4. Tidur secara Teratur

Entah mengapa daya gravitasi tempat tidur itu sangatlah besar di saat akhir pekan atau weekend datang. Akan tetapi, kamu harus tetap bangun dan tidur di waktu yang sama seperti di hari-hari yang lain.

Karena jika dengan tidur terlalu larut atau bangun tidur terlalu siang, maka jam biologis tubuh akan berubah dan bisa membuat kamu kesulitan untuk kembali kepada kebiasaan bangun pagi di saat hari Senin datang.

Pernah merasakannya bukan? Jadi, cobalah untuk membiasakan diri untuk bangun dan tidur seperti rutinitas di hari-hari biasa!

5. Bersosialisasi

Pergi bersama dengan teman-teman di saat akhir pekan melanda bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan yang menarik. Berdasarkan dari suatu penelitian, menunjukkan jika orang yang lebih banyak melakukan sosialisasi di saat akhir pekan, akan memiliki kesehatan yang jauh lebih baik secara menyeluruh, dibandingkan dengan mereka yang kurang bersosialisasi.

Aktivitas atau kegiatan bersosialisasi di akhir pekan ini juga membawa dampak dalam meningkatnya ikatan terhadap karyawan di tempat kerja dan mempunyai performa kerja yang jauh lebih baik di saat hari kerja sedang berlangsung.

6. Menenangkan Pikiran

Selama berlibur, biasanya akan datang begitu banyak godaan untuk membeli jajan atau segala macam makanan yang muncul di benak saat sedang jalan-jalan.

Akan tetapi, menurut dari wellness.unl.edu, dengan cara membiasakan sarapan secara rutin sebelum pergi atau keluar jalan-jalan di hari libur, bisa meredam nafsu makan secara berlebih selama hari libur.

Tidak hanya itu saja, menurut dari shoremedicalcenter.org, perut yang kenyang bisa membuat emosi jauh lebih stabil dan tak mudah uring-uringan selama masa liburan berlangsung.

7. Konsumsi Buah

Jangan sampai hanya gara-gara suatu kesalahan yang tak perlu, terus saling memarahi di saat liburan. Apabila memang gerah, segera cairkan suasana dengan memakan makanan yang menyegarkan.

Buah-buahan berair, contohnya :
  • Anggur
  • Apel
  • Jeruk
  • Melon
  • Nanas
  • Semangka
  • Pir
  • dan lain sebagainya

Buah-buahan tersebut bisa menghidrasi tubuh. Di dalam American Journal of Psychiatry, menambahkan vitamin yang terdapat di dalam buah-buahan serta sayuran, bisa memicu endorfin dan juga serotonin, yakni hormon yang bisa membuat emosi jauh lebih stabil, sekaligus juga bisa menumbuhkan timbulnya rasa bahagia.

8. Konsumsi Protein

Apabila memilih berlibur di akhir pekan dengan keluar rumah atau piknik, maka cobalah untuk banyak membuat bekal dengan makanan yang kaya atau tinggi akan protein.

Makanan yang kaya akan protein seperti susu, tempe, daging kalkun dan berbagai olahan kedelai seperti susu kedelai, terkandung L-tryptophan, yang bisa memicu pembentukan hormon serotonin, yakni hormon yang membuat kamu menjadi jauh lebih bahagia dan bisa menghindarkan diri dari adanya rasa stres, terlebih di saat akhir pekan.

9. Olahraga secara Teratur

Olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar dan segar, melainkan pikiran juga tentunya menjadi lebih segar. Berdasarkan dari suatu penelitian dari American Journal of Psychiatry, menjelaskan jika olahraga bisa mendorong pembentukan hormon endorfin di dalam darah.

Apabila darah yang mengandung endorfin ini sudah terbawa dan tersebar secara merata di dalam otak, maka bisa menimbulkan mood yang jauh lebih baik.

Orang yang hobi atau gemar melakukan olahraga juga memiliki tingkat kebahagiaan yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang hanya bermalas-malasan saja.

Maka dari itu, cobalah untuk melakukan aktivitas atau kegiatan fisik, contohnya jogging di pagi hari di saat akhir pekan, yang mana agar rasa bahagia bisa muncul sepanjang hari di saat liburan datang.


10. Bersantai

Pergi piknik bersama dengan keluarga, bermain dengan binatang kesayangan, menonton film bersama dengan teman-teman atau juga bisa melakukan yoga dalam relaksasi.

Lakukan hal-hal yang bisa membuat diri kamu senang dan menjadi lebih santai di saat weekend datang, yang mana dengan kesenangan atau hobi tersebut bisa mengisi ulang energi, sehingga bisa tetap bersemangat dalam menjalani kegiatan di hari-hari berikutnya.

11. Banyak Bergerak

Lelah bekerja selama seharian penuh membuat kebanyakan orang ingin bersantai saja saat weekend tiba. Hal ini tentu boleh atau sah-sah saja dan tidak ada salahnya.

Akan tetapi, agar tubuh tetap bisa terjaga dan tetap sehat, pastikan jika badan tetap banyak melakukan gerak. Contohnya dengan berolahraga atau membereskan/membersihkan rumah.

12. Memperhatikan Asupan Kalori

Di dalam suatu penelitian menunjukkan jika warga di Amerika Serikat akan mengonsumsi lebih banyak kalori saat waktu akhir pekan tiba, yang mana hal ini bisa mengarah pada peningkatan berat badan.

Konsumsi kalori yang berlebih tentu tak baik. Bukan berarti saat weekend tidak boleh makan sepuasnya, melainkan semua itu harus bisa terkontrol sehingga kamu tak memiliki berat badan yang berlebih dan agar tubuh tetap seimbang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner