Minggu, 03 Desember 2017

Cerdas! 12 Tips Weekend Hemat, Penasaran?

Weekend memang hari yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, karena kita bisa bersantai, bisa bepergian dengan ceria dan masih banyak hal lagi yang lain.

Mengapa menjadi hari yang paling ditunggu? Karena kita bisa refreshing, tubuh dan otak tak lagi terikat oleh aktivitas sehari-hati atau dengan pekerjaan yang menumpuk dan di hari ini, kita bisa benar-benar dan harus bisa merasakan yang namanya suatu kebahagiaan.

Akan tetapi, biasanya saat weekend tiba, di antara kita ada yang kebingungan karena ternyata saat weekend tiba, kondisi keuangan sedang miris, habis dan membuat kita ingin menangis.

Jangan ragu! Kami siapkan tips weekend seru yang super hemat untuk menemani kebahagiaan kalian.

Tips Weekend Hemat

Tips Weekend Hemat

1. Buat Sarapan Sendiri

Jika memang kondisi keuangan sudah tak lagi bisa diandalkan, alangkah baiknya kamu mengawali hari dengan membuat sarapan sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumahmu.

Ada baiknya untuk membuat sarapan dan resep sederhana, atau bisa dengan mencoba sesuatu hal yang baru, semisal membuat salad buah, kreasi sosis atau yang lain sebagainya.

Buatlah harimu semenyenangkan mungkin dengan caramu sendiri. Buat sarapan dengan olahan tangan sendiri dan coba rasakan sendiri sensasinya sembari menikmati indahnya pagi yang hangat.

2. Bersih-bersih!

Yap, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Perlu kita tahu juga, untuk bertanya kapan terakhir kali kita bersih-bersih rumah?

Tentu rumah dan sekeliling kalian kotor karena setiap harinya banyak debu yang masuk dan kuman-kuman hinggap di rumah kalian.

Jika sudah mulai menumpuk, berantakan, maka cobalah untuk merapikannya dan membersihkannya agar terlihat lebih enak dipandang dan lebih menyenangkan saat akan melakukan aktivitas lagi di weekdays.

Kebersihan ini dilakukan untuk kamu sendiri, bukan untuk orang lain. Jadi, kesehatan juga untuk dirimu sendiri.

3. Merapikan Lemari dan Perabotan Rumah

Bersantai di rumah dengan menghabiskan long-weekend bukan suatu pilihan sulit. Pagi hari, nikmati minuman manis dengan segelas teh hangat dan sepiring camilan yang enak untuk disantap.

Bisa juga ditemani dengan bercengkerama terhadap orang rumah atau tetangga yang bersebelahan.

Jangan lupa untuk merapikan baju di lemari yang sudah menumpuk dan berantakan. Untuk membuat mood jadi lebih bahagia juga bisa dengan merapikan perabotan rumah agar sedap dipandang dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

4. Nikmati Hiburan Gratis

Di weekend ini, tak melulu soal mengeluarkan uang dari isi dompet untuk berlibur di tempat yang mahal. Kamu bisa nikmati liburan dan hiburan yang gratis.

Salah satu contohnya seperti dengan mengikuti Car Free Day, jogging di pagi hari dan lain sebagainya. Selain gratis, kamu juga bisa membuang keringat dan lemak.

5. Baca Buku Menarik

Tentu di rumah kamu pasti memiliki koleksi buku yang begitu banyak bukan. Setelah kamu rela mengeluarkan uang, apakah kamu sudah membacanya hingga habis, atau malah dijadikan sebuah pajangan?

Pasti selalu ada saja buku yang belu pernah dibaca. Nah, inilah waktu yang pas untuk kamu membaca buku, baik itu novel atau belajar bisnis.

Kamu bisa memanfaatkan weekend ini untuk mengasah keterampilan dengan membaca buku terlebih dahulu atau bisa dengan menambah mood dengan membaca novel dan cerita menarik yang lain.

6. Pergi ke Pantai

Jika kondisi keuangan memang sudah tak lagi bisa diandalkan, namun kamu membutuhkan yang namanya refreshing, alangkah baiknya pergi ke suatu tempat dan tempat itu ialah pantai.

Pantai adalah tempat wisata yang merakyat, yang mana tak menghabiskan banyak uang untuk berlibur di pantai. Daripada harus pergi ke mall atau nonton bioskop, alangkah baiknya untuk pergi ke pantai.

Karena dengan pergi ke pantai, kita bisa merasakan hawa atau sensasi alam yang sesungguhnya, udara pantai yang sejuk dan enak untuk dipandang.

7. Berolahraga

Coba ingat, terakhir kamu berolahraga kapan? Jika memang jarang, alangkah baiknya untuk melakukan olahraga sekali dalam seminggu agar tubuh tetap sehat dan ideal.

Olahraga tak melulu soal jogging, berlari dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki hobi, lakukanlah!

Banyak olahraga yang bisa dilakukan seperti bermain sepak bola, badminton, basket dan lain sebagainya untuk kembali mengasah daya tahan tubuh.

8. Melakukan dan Mengasah Hobi

Terkadang, aktivitas seharian kita membuat kita tak ada waktu untuk sekadar meluangkan hobi.

Weekend menjadi salah satu jawabannya. Setelah sudah lama tak mengasah kemampuan dalam hobi, alangkah baiknya mulai gunakan sekarang ini.

Jika suka memasak, coba resep baru. Jika suka menulis, coba untuk menulis lagi dan masih banyak lagi yang lain yang masih bisa dilakukan.

9. Motivasi Diri

Weekend jika di rumah saja terkadang membuat malas dan bosan. Weekend yang seharusnya pergi keluar malah harus berdiam diri di dalam rumah.

Alangkah baiknya, untuk meningkatkan dan mengembangkan minat akan kesadaran, sebaiknya untuk melihat kata-kata motivasi atau melihat video yang menginspirasi.

Dengan begitu, kita bisa belajar dari mereka jika masih banyak orang lain yang berada di bawah kita, masih banyak orang lain yang saat weekend harus dituntut untuk bekerja dan kita harus bisa bersyukur setiap saat!

Wajib baca : Begitu Sederhana! 12 Tips Weekend Sehat

10. Berlibur dengan Menghindari Tempat Wisata yang Mahal

Banyak tempat wisata yang mana sekarang ini mematok harga tiket masuk yang super mahal dan bukan main dan tentu ini sangat sulit bagi kalangan low budget di weekend.

Maka dari itu, sebaiknya, sebelum weekend datang, lebih baik rencanakan liburan yang hemat, murah dan kalau bisa sesuai dengan uang yang kamu miliki.

11. Berlibur secara Rombongan

Jika kita melakukan suatu hal secara sendirian, tentu kita akan merasa sulit dan cepat lelah. Berbeda dengan melakukannya secara bersama-sama, kita bisa membagi tugas dan pekerjaan jauh lebih efektif dan bisa menekan waktu agar jauh lebih efisien.

Nah kita terapkan dalam kegiatan berlibur di weekend. Pergi secara rombongan bisa menekan biaya pengeluaran karena ada yang namanya sharing cost atau berbagi biaya.

Semakin banyak rombongan di saat liburan, tentu kian bisa menekan biaya pengeluaran liburan. Semisal di liburan panjang harus menginap di hotel, pasti biasa yang dikeluarkan akan jauh lebih murah karena akomodasi yang dikeluarkan sudah dibagi dengan para peserta yang lain.

12. Gunakanlah Promo

Promo saat kita lihat pertama kali memang menakjubkan, namun kadang kita lupakan karena kita tak tahu harus apa dengan promo tersebut.

Pantau terus promo-promo diskon yang ada untuk menekan biaya. Jangan sampai promo yang terjadi ini malah terlewat begitu saja!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner