Sabtu, 04 November 2017

Perhatikan! 15 Tips Wawancara CPNS (Penting)

Banyak di beberapa instansi pemerintahan, baik itu di pusat ataupun daerah, berbagai tahapan proses seleksi yang selanjutnya harus diikuti oleh adanya tes wawancara. Sebenarnya, apa manfaat atau kegunaan dari tes wawancara?

Tes wawancara ini biasanya dilakukan untuk menilai mengenai kepribadian dari beberapa Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang sebelumnya sudah berhasil lulus ujian tertulis, dan tentunya memilih yang terbaik dari yang terbaik.

Untuk tahapan yang terakhir ini, tetaplah menjadi sosok pribadi yang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, boleh berbangga hati, namun jangan menjadi boomerang bagi diri sendiri, jangan jumawa karena sudah menyingkirkan ribuan pelamar yang lain.

Tetap harus bisa tahan mental, karena berbagai muncul isu akan datang menghampiri, seperti isu suap, isu sebagai formalitas saja hanya untuk menduduki formasi yang tengah dibutuhkan.

Hati-hati, jangan pernah percaya dan termakan oleh isu yang sesat itu! Jangan ragu untuk mencatat, merekam dan melaporkan kepada pihak yang memang berwajib atau berwenang apabila dirasa ada hal yang janggal dan aneh selama proses berlangsung.

Persiapan Penting Menghadapi Tes Wawancara CPNS

Tes Wawancara CPNS
Ilustrasi Tes Wawancara Kerja (CPNS), via youthmanual.com

1. Mengenali Diri Sendiri

Kemampuan dalam mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh diri sendiri, mampu mengetahui potensi yang ada, keinginan dan kemauan serta tahu akan bidang pekerjaan yang tepat, sesuai dengan minat.

Dengan mengenali diri sendiri, bisa membangkitkan kepercayaan diri dan diharapkan pada sesi tes wawancara bisa dilalui dengan sukses, tanpa adanya masalah yang berarti.

2. Mengenali Pekerjaan

Sejauh mana memahami pekerjaan yang nantinya akan dilamar, kegiatan yang terkait dan saling berhubungan satu sama lain, serta permasalahan yang mungkin saja timbul saat mengerjakan pekerjaan itu.

3. Mengenali Instansi yang Dilamar

Tentu akan lebih mantap untuk bergabung menjadi salah satu pengabdi masyarakat di instansi yang dilamar dan pengetahuan itulah yang mampu menambah poin positif saat sedang melakukan tes wawancara.

Tips Wawancara CPNS

Tes Wawancara CPNS
Ilustrasi Tes Wawancara Kerja (CPNS), via isigood.com

1. Jaga Kesehatan

Di saat akan mengikuti kegiatan wawancara, alangkah baiknya untuk menjaga kondisi kesehatan. Jangan sampai di hari yang sudah ditentukan, fisik malah drop karena sakit.

Bisa saja kesempatan emas itu hilang dengan sekejap hanya karena Anda lalai menjaga kondisi tubuh untuk kesehatan. Maka, yang terpenting jaga kesehatan!

2. Perhatikan Penampilan Fisik

Penampilan tentu menjadi salah satu faktor penting yang menentukan untuk bisa dinilai oleh si pewawancara. Berpakaian dengan rapi, bersih dan sopan akan menjadi poin tersendiri di saat sesi wawancara.

Tidak hanya itu saja, penampilan yang rapi, bersih dan sopan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri, sehingga nantinya optimis bisa menjalani sesi wawancara dengan selesai tanpa hambatan.

3. Siapkan Kondisi Psikis

Tetaplah untuk mencoba atau berusaha tenang dan bisa tetap rileks, namun juga terfokus pada pertanyaan yang diajukan oleh si pewawancara, jangan sampai lalai atau membuat kesalahan yang fatal!

Tunjukkanlah rasa semangat atau antusias dan rasa percaya diri yang tinggi saat sesi wawancara berlangsung.

4. Persiapkan Dokumen

Jika dibutuhkan, alangkah baiknya untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan apabila diminta oleh si pewawancara, seperti ijazah asli, sertifikasi perguruan tinggi dan yang lain sebagainya.

5. Datang ke Lokasi Tes Sehari Sebelumnya

Cobalah untuk datang atau memastikan tempat pelaksanaan tes wawancara sehari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar saat akan melakukan wawancara, bisa datang dengan tepat waktu.

Jika bisa datang dengan tepat waktu, maka konsentrasi tak buyar dengan masalah waktu dan bisa tetap terjaga sebagai persiapan untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh si pewawancara.

6. Tunjukkan Sikap yang Bersahabat

Saat sebelum wawancara, cobalah untuk mengucap salam, menjabat tangan si pewawancara dengan tegas dan hangat. Sikap ini menunjukkan sikap yang bersahabat.

Tak hanya itu saja, dengan melakukan hal tersebut juga mampu memunculkan citra diri sebagai orang yang percaya diri, sekaligus menjadi salah satu kesempatan penting untuk memberikan kesan pertama terhadap pewawancara dalam mengenal diri kita selanjutnya.

7. Lakukan Kontak Mata dengan Wajar

Kontak mata ini mampu menunjukkan seberapa besar rasa percaya diri yang dimiliki dan seberapa besar minat terhadap sesuatu yang sekaligus mampu menunjukkan suatu kebenaran akan pernyataan yang telah dikemukakan.

8. Perlihatkan Sikap Minat dan Semangat Tinggi

Hal ini bisa ditunjukkan dengan cara berbicara yang tenang, tidak gugup, volume suara cukup keras yang wajar tak berlebihan, serta sikap yang diberikan selama sesi wawancara tersebut.

Tentu hal tersebut akan menggambarkan mengenai kesiapan dalam bekerja.

9. Fokus, Simak Pertanyaan dengan Seksama!

Usahakan agar pewawancara tak mengulangi pertanyaan yang diberikan. Janganlah bersikap sok tahu, terlebih malah menggurui.

Yang terpenting, diusahakan untuk menghindari memotong kalimat! Jawablah setiap pertanyaan dari pewawancara dengan tenang dan tetap fokus pada pertanyaan, jangan gelisah dan tidak melebar ke mana-mana.

10. Aktif dalam Percakapan

Segeralah menjawab pertanyaan yang sudah diberikan apabila diminta untuk menjelaskan secara ringkas atau detail.

Berbicara dengan jelas, menggunakan bahasa yang baik dan benar, usahakan untuk artikulasi dan suara yang cukup jelas terdengar. [1]

11. Sopan dan Santun

Cobalah untuk bersikap sopan dan santun karena tentu ini akan menjadi salah satu nilai lebih. Jangan terlalu banyak bertingkah!

Tentu instansi membutuhkan calon karyawan yang sopan dan santun, tak membuat onar dan lain sebagainya.

12. Menyiapkan Jawaban Pertanyaan Standar

Pertanyaan motivasi menjadi PNS dan mengapa ingin menjadi PNS kemungkinan besar akan ditanyakan, jadi, siapkanlah jawaban yang paling bagus.

Sementara itu, pertanyaan mengenai kesetiaan negara juga sering ditanyakan. Sebagai seorang PNS, kesetiaan terhadap negara haruslah kuat! Juga pengetahuan mengenai jabatan yang ingin dilamar jangan sampai ketinggalan untuk mencari informasinya.

13. Undang-Undang dan Isu Terbaru

Paling tidak, masalah yang sedang hangat terjadi harus bisa kita update sebaik mungkin, jangan sampai ketinggalan berita sedikitpun!

Tips Wawancara yang Lain : 12 Tips Wawancara Beasiswa agar Lolos!

14. Sikap dan Pola Pikir

Kesetiaan kepada negara dan bangsa harus menjadi keyakinan kita. Jika memang ada pertanyaan muncul yang berhubungan dengan dasar negara, kedaulatan negara, dan lain sebagainya, maka sudah jelas bisa menjawabnya.

Untuk pertanyaan analitis kebijakan, kita harus cerdas memposisikan diri sebagai pemerintah atau pengambil kebijakan. Tentu nantinya akan timbul pro kontra dalam setiap kebijakan dan seorang pembuat kebijakan harus mengambil resiko dan memutuskan kebijakan tersebut. [2]

15. Yang Terpenting, Mohon Dukungan dan Doa

Mintalah doa dan dukungan dari orang-orang yang dicintai dan dikasihi, seperti meminta doa dan dukungan dari orang tua, istri/suami, serta kerabat dekat agar cita-cita mulia menjadi seorang PNS bisa terwujud!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner